ThunderMax ECU

MODIFIKASI YANG TIDAK KELIHATAN, TETAPI YANG DINIKMATI

(modifikasi sistem Injeksi)

Walaupun kapasitas mesin HD FXSTC (Softail Custom Injection) keluaran tahun 2007 sudah 96CI, setara 1600cc, sudah lebih dari cukup namun pemilik ingin menambah kemampuan mesin yang lebih responsif dibandingkan mesin standar.

Setelah berdiskusi cukup lama, dan direncanakan akan ada modifikasi mesin berikutnya maka akhirnya diputuskan menggunakan produk aftermarket THUNDERMAX, karena bukan seperti produk lain yang hanya “piggy back” THUNDERMAX mengganti total fungsi ECU original.

Bahkan tidak tanggung-tanggung modul ECU/ECM aftermarket ini juga ditambah perangkat opsional autotune dari merek yang sama.

Untuk tahap awal modifikasi adalah Hi-flow air cleaner (saringan udara yang lebih lega dibandingkan standar) dan Knalpot yang juga lebih lancer dan tentu saja suara yang lebih besar.

Pemasangannya cukup mudah, namun karena produk yang datang diperuntukkan untuk tahun 2006, maka ada sedikit modifikasi pada baut pemegang ECU/ECM.

Sedangkan untuk map software tidak masalah karena CD instalasi yang disertakan sudah berisi program untuk kofigurasi mesin 96CI, Filter Udara, Knalpot.

Kalaupun tidak ada dapat dicari “map” yang sesuai di website Thundermax yang selalu diperbaharui mengikuti perkembangan komponen pendongkrak tenaga, dan semua “map” yang ada sudah di tes oleh Zipper (tuner mesin aftermarket HD) untuk menghasilkan tenaga yang maksimum.

Untuk modul autotune fungsinya adalah mengevaluasi hasil pembakaran sudah sesuai dengan map software yang dipilih atau belum, jika belum maka ECU yang telah diset pada mode “close loop”  akan melakukan perubahan penambahan/pengurangan bahan-bakar yang akan diinjeksikan pada siklus pembakaran berikutnya.

Inti dari modul autotune adalah sensor 02 jenis “wide band” yang menggunakan 5 kabel sedangkan O2 standar bawaan pabrik menggunakan jenis “narrow band” yang hanya mempunyai 2 kabel untuk mengirim sinyal ke ECU/ECM.

img_2598.jpg

Paket ECU/ECM Thundermax + Autotune

img_2602.jpg

ECM/ECU kiri OEM, kanan Aftermarket (bawah ECU, atas AUTOTUNE)

img_2599.jpg

O2 Sensor; kiri OEM, kanan Aftermarket THUNDERMAX

 img_2604.jpg

Letak tersembunyi dibawah tempat duduk

img_2637.jpg

Periksa “fuel-map” dengan laptop

Tulisan terkait :

http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2008/11/25/night-train-dengan-thundermax/

http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2009/03/10/ganti-camshaft-se-203/

Salam,

bengkelsepedamotor

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di EFI. Tandai permalink.