Mengganti Connecting Rod

Setelah pemakaian sepedamotor sekian lama, maka selain mengganti yang kelihatan seperti ban, kampas rem, dll, kemudian ada suara mesin yang berbeda, mulai berisik, walaupun sudah setel klep (valve clearance), mungkin sudah waktunya untuk mengganti setang seher (connecting rod) yaitu batang yang menghubungkan kruk as (crank shaft) dengan seher (piston).

Bunyi berisik mesin berasal dari bagian besar pin setang seher (big end connecting rod), karena umur pemakaian maka laher (bearing) mengalami keausan, clearance membesar hingga akhirnya timbul suara kasar, kadang-kadang sampai ada yang mengatakan “Lho, suara mesin sepedamotornya koq seperti mesin jahit?”

Penggantian setang seher (connecting rod), termasuk servis besar karena untuk mencapai komponen ini perlu melakukan pembelahan mesin, jadi pilihlah bengkel yang benar-benar meyakinkan untuk melakukan pembedahan ini, mesin sepedamotor akan dibuka sampai semua isi dalam mesin dapat terlihat, termasuk juga bisa melihat susunan gigi transmisi.

Selain merupakan servis besar, pemasangan setang seher (connecting rod) yang baru juga memerlukan keahlian dan alat khusus; mesin press 10~15 ton, berikut ini adalah cara melakukan penggantian setang seher (connecting rod), yang sekaligus melakukan balans pada kruk as (crank shaft) di bengkel CAHAYA Motor Jatinegara (silahkan klik untuk alamat lengkapnya).

Bawa kruk as komplit (crank shaft assy) yang ingin diganti setang seher komplit (connecting rod assy) yaitu sudah berikut bearing dan pen kruk as (crank pin) yang baru.

Disini juga menggunakan special tool untuk melepas gigi sprocket (timing sprocket) yang memutar rantai timing (catatan: bukan rantai keteng, karena keteng artinya rantai juga, jadi kalau disebut rantai keteng artinya rantai-rantai :P).

Ini dia keluar dari special tool, jadi nggak usah digetok-getok pakai pahat dan palu :P

Kemudian bearing (main bearing) Kruk as (crank shaft) dilepas, kiri dan kanan, lepas crank pin.

Akhirnya, ini dia nih yang mau diganti lepas juga, atas yang lama, bawah yang baru.

Sewaktu akan dipasang ternyata bagian Crank shaft yang bersinggungan dengan crank pin bearing sudah beralur, jadi dihaluskan dahulu, kalau tidak rapih, dipakai sebentar akan keluar lagi bunyi “mesin jahit” nya.

Setelah dibersihkan, kemudian proses pemasangan setang seher (connecting rod, conrod) yang baru dimulai dengan pemasangan crank pin.

Setang seher (connecting rod, conrod) sudah masuk ditengah-tengah kemudian kruk as sebelah lagi dipasang.

Sebelum dipress sampai posisi jadi, dilakukan pemeriksaan dan penyetelan agar nantinya kruk as menjadi lurus dan seimbang tidak menimbulkan getaran yang kuat (getaran tidak normal) jika mesin berputar pada putaran mesin tinggi.

Nah ini proses paling penting dan sulit, yaitu pemeriksaan kelurusan kruk as (crank shaft), dengan alatdial gauge untuk mencapai hasil kruk as (crank shaft) yang lurusdengan toleransi yang sangat kecil, sesuai spesifikasi mesin sepedamotor.

Demikianlah proses penggantian setang seher (connecting rod, conrod), terimakasih untuk Oom Yusai (Oom Broer) dari CAHAYA Motor Jatinegara, yang bersedia saya ganggu untuk pembuatan tulisan ini.

Tambahan foto, ini adapter untuk timing sprocket, beda-beda ukuran sesuai jenis sepedamotornya (kalau mesin 2 langkah tidak perlu pakai).

Salam,
bengkelsepedamotor

HOME

ARSIP

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di Informasi Umum, Servis Sepedamotor. Tandai permalink.

74 Balasan ke Mengganti Connecting Rod

  1. A Seen berkata:

    pertamak.
    masbro minta saran dunk
    tigerku baru berusia 3 thn tapi karet yang ada di rumah kopling tuh udah kendor jadi nggak enak buat main kopling, tak ganti usianya cuman 1,5 bulan dah kumat lagi, kalau beli di ahm harus sama rumah kopling sekalian gak boleh karet doang, harganya 850.000, lumayan mahal. Ada saran mas bro dimana bisa dapat karet yan bagus, di toko2 ada merek ahm tapi pasti palsu dan dah saya coba dan hasilnya emang jelek.
    mohon petuah suhu benkel??!!

    Kalau mau mantep, coba pakai meterial polyurethane, buat sendiri sesuai bentuk karet aslinya, kemudian dikeling balik yang rapih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  2. Ardi berkata:

    megapro saya udah balik nol lagi nih odometernya, padahal baru 3 tahun pake..
    mesti dicek nih, thanks bro infonya :)

    Kalau rajin dirawat dan pelumasannya bagus pasti OK, periksanya ya dari suara mesinnya, kalau belum keluar suara “mesin jahit” connecting rod masih OK, sama-sama terimakasih juga.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  3. Kurnia_Pro berkata:

    Info yg menarik, lo punya artikel up grade mtor tlg diupload dunk.

    Mau upgrade, ketemuan di CAHAYA Motor yuk…

  4. wahyu febriono berkata:

    @ ardi: ya ampuuun… dipake apa mas motornya, cepet amat udah balik nol lagi dalam tempo 3 tahun?

  5. val berkata:

    om Yusai, nyang spesialis RX itu yah????

    Iya Bro, sampai kapok ngorek RX karena kalau ada kasus (jambret) pasti olah TKP mengarah ke bengkelnya… sekarang sih lagi buat macam-macam camshaft, :D

  6. Gugun berkata:

    MAs. kalo untuk servis besar. apakah bengkel resmi dapat diandalkan. soalnya terkadang bengkel resmi juga hanya melakukan tune up ringan ( mekaniknya cuma melakukan sesuai prosedur/by the book). motor saya Y”Vixion 1,5 tahun dah nyampe 50.000 km. oli pake Pertamina Enduro SAE.10-40. kira2 dah waktunya servis besar belum. trims atas infonya

    Bengkel resmi pasti dapat diandalkan karena peralatannya komplit, yang kadang bermasalah SDM-nya.
    Seperti pepatah bisa karena biasa, sedangkan pekerjaan ini jarang dilakukan, kalau service besar sampai belah mesin tidak ikut umur atau jarak tempuh, sesuai kebutuhan, kalau suara mesinnya masih halus ya jangan dibelah, kalau di tes tekanan kompresi masih normal jangan dibuka silindernya (kecuali mau modifikasi).
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  7. Bonsai Biker berkata:

    dapat karetnya di mana masbro, atau yang sudh jadi ada nggak yang jual????

    Beli di toko Teknik, trus dipotong sendiri (belum tahu ada yang buat atau tidak), :)

  8. blognyamitra berkata:

    Mantap infonya :)

    Terimakasih Bro :)

  9. Onthel berkata:

    wah, kalo bongkarnya ampe gitu mah gak nyanggup…
    kalo cuma sampe blok silinder aja sih brani, dulu pernah bongkar kopling suzie, eeh gak bisa pasang lagi…

    Bawa ke Bengkel Resmi aja Bro…

  10. martini berkata:

    @ A seen: kalo mo ganti karet kopling, carinya di glodok bro, minta yang karet buat industri! tinggal milih berdasarkan kualitas dan pesanan………..luwih awet. biasane scorpio tuh yang banyak minta ganti………

    Bro/Mbak Martini terimakasih buat infonya…
    salam,
    bengkelsepedamotor

  11. Gugun berkata:

    Trims untuk Informasinya mas, biar kita gak was2 dengan kondisi motor, Ibarat kata Sepeda Motor adalah KAKI KEDUA kita setelah KAKI yang diberikan oleh TUHAN. (Motor untuk mencari nafkah keluarga) :D

    Servis teratur, menabung buat persiapan kalau-kalau ada suku cadang yang perlu diganti, dan hati-hati di jalan Keluarga menanti kita kembali kerumah dengan selamat.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  12. A Seen berkata:

    @ Martini, makasih bro, tapi di glodog yang sblh mana bro, apa yang di bagian bawah yang banyak karet itu yah

    Ini info dari Motorplus-Online – Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Barat

    POLYURETHANE DAN KERTAS PAKING

    Motor tidak jauh sama yang namanya polyurethane. Apalagi beberapa bengkel umum atau rumah modifikasi. Pastinya, sering menerapkan material ini untuk mendukung tampilan atau kinerja motor. Seperti terlihat di bantalan atau engine mounting skubek yang sekarang mulai banyak dipakai balap.

    Adapun untuk mendapatkan produk ini dalam jumlah besar atau mau bikin di tempat, juga bisa diterima. Sebab kios Usaha Mandiri yang mangkal di lantai CF1, blok 7, No. 9, LTC, menyediakan polyurethane segala ukuran dan bentuk.

    “Kami juga sedia lembaran kertas paking dan kebuthan otomotif juga industri. Sementara soal harga, kami jamin sangat kompetitif apalagi pembelian dalam jumlah banyak,” jelas Sunarto penjaga di kios itu.

  13. seeeeep tahnk bu martini

  14. ee salan thanks bro yang punya warung

  15. Fidelity berkata:

    bro . . numpang naynya, jadi klo bunyi ky mesin jait tuh . . cuma stang seher ajj yang di ganti?

    Ya tidak, bunyi mesin jahit cuma istilah, kalau sumber bunyi dari mesin ada banyak komponen yang terlibat; setelan kerenggangan klep, kondisi rocker arm, klep dengan bos klep (valve guide), clearance piston dengan silinder, stang seher, bearing kruk as.
    Perlu diperiksa satu persatu, yang tidak sesuai baru diganti.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  16. Bram berkata:

    Minta info kalo di Bandung Bengkel yang toolsnya lengkap untuk ganti stang seher dimana ya? khususnya untuk motor shogun. tks

    Yang tinggal di Bandung mohon bantuan infonya, coba tanya-tanya dulu ke mekanik, khususnya yang suka ikut balap, karena kalau untuk balap wajib harus lurus kruk as, kalau tidak nanti pembalapnya gemeteran.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  17. atlet berkata:

    setang seher rusak apa bunyi seperti klek-klek-klek di sekitar silinder ya bro. biasanya muncul pas akselerasi atau lagi nanjak lumayan tinggi.

    Kalau pas akselerasi mungkin detonasi/ngelitik, coba ganti bahan bakar yang mempunyai nilai oktan lebih tinggi, kalau dapat hilang atau berkurang > mundurkan timing pengapian, bersihkan ruang bakar.
    Setang seher rusak (pada bearing besar-nya) sudah bunyi keras saat langsam (idle).
    salam,
    bengkelsepedamotor

  18. ozy berkata:

    mas,,motor ane supra 125 bunyi tek-tek klo lg langsam,,trus juga dri koplingnya bunyi klotok2 klo lg netral,tpi klo masuk gigi ilang tu bunyi klotok2,,tpi kalo bunyi tek2 itu apanya ya,,apa dri stang seher juga mas,,??

    kalo motornya dibawa ke cahaya motor bisa gk mas,???
    thx

  19. Tio berkata:

    Om yusai jual kruk as rx-king gag?? Thanks

  20. azzam26 berkata:

    mas, klo biaya ganti stang seher honda karisma kira-kira brp y?

  21. supriyanto berkata:

    mau tanya bos… sy beli motor honda supra125 masih masa reyen sekitar 400 km, kok tibs-tiba muncul suara kruk..kruk…kruk saat mesin dingin,(habis dicuci sore pagi distar ),tetapi suara itu hilang/mesin jd halus saat pedal kopling saya masukkan ke gigi 1,kira2 apanya ya bos……..

  22. aksa berkata:

    Mas, biaya ganti connecting rod berapa untuk mega pro? minta alamat jelasnya Cahaya Motor ama no teleponnya ya mas…
    Trims…

    Untuk biaya silahkan langsung ke Oom Yusai, alamat: Jalan Jatinegara Barat Raya, kalau dari Otista arah Matraman, setelah terminal Kampung Melayu sebelah kanan jalan.
    Sama-sama terimakasih kembali.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  23. aris berkata:

    mas,,motor saya kirana 2005 n ad beberapa keluhan,klep motorny sering banget banting jangankan pake gigi 4,pake gigi 1 aja kalo gasnya agak dikejutin dah keras bgt bunyi bantingannya,n kalo lg netral jg bisa gitu,padahal udah dicek piston g ada bekas benturan,,,teman saya yg ngerti mesin aj dibuat pusing m penyakit misterius motor saya..
    mohon petuahny mas,,,,trims

    Sekarang pakai bahan bakar apa ? kalau bisa dapat coba pakai bahan bakar SHELL SUPER EXTRA (2 kali mengisi full).
    Terimakasih juga,
    salam,
    bengkelsepedamotor

  24. aris berkata:

    skarang make premium mas,,motornya jg cm buat harian koq,,
    waduh ditempat saya g ad yg jual tu mas,,paling cuma ad pertamax..
    atau ad kemungkinan dr kerusakan part di bgian blok head yg musti di ganti?

    makasih byk mas buat balasnnya..

  25. dedek berkata:

    mas motor saya smash 110 thn 2006,koq mesinnya mudah panas ya mas trus top speednya menurun dr biasanya,pdhal servisnya rutin dan beberapa part yang lama udh di gnti kyk blok, kampas kompleng.kmrin saya ngetes sm vegaR 110 2006 hsilnya jauh bget mas (ditinggalin).apap ada yg harus disetting mas tp msih aman buat harian.bagi solusinya ya mas.

    terima kasih sebelumnya mas……….

  26. victor berkata:

    efek yang terjadi bila stang seher yang rusak tidak diganti? apakah mesin bisa tidak jalan atau seperti apa.
    motor thunder saya saat di starter engkol terasa gembos, apakah itu karena stang sehernya rusak.
    Mohon penjelasannya ke email saya.
    terima kasih.

  27. faiz berkata:

    mas bro kalau prapansan bwt shogun 110 brp y???
    mohon penjlsnya.
    matur nuwun

  28. faiz berkata:

    mas bro
    klu prapasan noken as shogun110 sih brp y???biar lebih pnjang nafasnya,pa bensin jd lebih boros?
    trma ksh mas bro

  29. indrayudha berkata:

    mas saya mau nanya ni…………..
    motor revo saya bunyi tek tek tek pada saat gigi netral…….
    apanya yang bermasalah kira2 mas
    kasih solusi nya ya

    Untuk soal bunyi saya mesti dengar langsung, sempat mampir ke bengkelsepedamotor ?

  30. aku di bikin pusing sama senter satang

  31. beeee berkata:

    bro mw tanya
    supra 125 Q baru dpt staon dah bunyi stangnya
    dah Q ganti baru mesin dinyalain 15mnit bunyi tek3x lagi
    ap stang piston dah kena lagi?

    waktu itu stang ganti baru namun laher kruk as tetep pke yang lama

  32. ari berkata:

    salam knal ….boz
    Ane pya motor vega zr new….ada masalah di setang dpan ane gak tau pa yg rusak nya .
    Tpi klo di bawa jalan setang kyk kurg lurus trz kalo belok suka berat gelawan arah.
    Wktu ntu ci, pernah nabrak & jatoh.
    Dh di coba benerrin ke bengkel tapi ttp ja kyk gitu.
    Prtyaan ane….
    Dimana ada bengkel yg bisa servis setang ane biyar bisa normal lg.
    Mohon bantuan infonya …..boz thexs

  33. wahyu firman berkata:

    mau tanya mas ? sebatas gimana spelleng stang seher dan bearing yang dua kiri dan kanan menurut piling ?…

  34. Bayu Rizky berkata:

    mas bro sepedamotor revo fit saya keluar suara ‘mesin jahitnya’ ,kalau di biarkan apa resikonya ???

    salah satunya adalah metal yang lepas masuk ke pompa oli, semua bagian mesin jadi aus/rusak mesin berhenti bekerja. :(

  35. randy berkata:

    mas ….cb100 mau pakai kruk as yamah scorpio apa bisa ngga dan kira2 seher nya pakai apa ?

  36. kiki berkata:

    Mesin Vega R 110 saya kasar *seperti mesin jahit, dan pada akhirnya 2 hari yang lalu motor saya sangat sulit dihidupkan, cek pengapian, karburator, kerenggangan klep, karburator, timing pengapian, semua berfungsi normal.

    Apa kerusakan dari kruk as ini bisa menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan?
    trims mas…

    Betul, pada kondisi yang parah timing pengapian pasti kacau

  37. hendri ramadhani (Samarinda) berkata:

    Motor Saya CBR 150. Lagi turun mesin ternyata yang rusak stang pistonnya. sya mw tanya apa bisa stang piston nya diganti dengan stang piston yg lain. misalnya pux CS 1, atau Mega pro.. Trims.

    Jangan, tetap pakai punya CBR 150

  38. Ester berkata:

    Dear mas bro:)

    infonya sangat bermanfaat. mau nanya ni mas, spda mtor saya, honda supra fit 2005, uda saya bawa ke bbrpa bengkel, dengan indikasi: bunyi mesin jahit (parah),stater otomatis uda gak jadi, berasap ketika dipanasin dll. Katanya seher dan stang sehernya rusak, dan klo mo diperbaiki biayanya sktr 1jtan (Ahass) klo bengkel laen 800. Apa harganya emang sekian yah mas? mohon infonya. Terima kasih sangadddd mas:)

    Kalau soal harga masing-masing bengkel punya tarif sendiri-sendiri, saya nggak bisa jawab.

  39. Afri"koeokoe"lianto berkata:

    Tanya nih mas bro,apa penyebab stang seher rusak?apa karena tidak teraturnya penggantian pelumas/hal lain?makasih atas jawabannya

    Selain karena umur, betul penyebab utama kerusakan adalah pelumasan yang tidak bagus.

  40. A' Iman Syah berkata:

    mas bro..boleh tnya sdikit..mio sya baru 1bln pemakaian,tp dari baru mesin cepet panas dan kluar suara sperti klep renggang atau keteng kendor gtu…makin panas suhu mesin bunyi2an nya makin terdengar…thank before,

    Coba kembalikan ke dealernya, kalau bisa tukar unit baru, kemungkinan cacat produksi.

  41. Ping-balik: Filter Oli Setrifugal | bengkelsepedamotor

  42. dudy berkata:

    gan, motor jupitr ane stang sehernya mau dgnti. Kira2 biayanya brpa ya? Thx

    Silahkan hubungi bengkel atau Dealer Resmi Yamaha terdekat

  43. S.K.P berkata:

    Motor saya FXR 150 tahun 2003, sudah balik ke nol lagi km-nya. Nah, kemarin habis bongkar klep karena klep out pecah dan bocor.. sekarang sih sudah halus lagi, tapi penyebabnya kira-kira apa ya kok bisa pecah? Kalau dugaan saya sih kehantam piston karena rantai timming sudah kendor, anehnya setelah di servis (tanpa ganti rantai timming) tetep bisa halus.. Bagaimana pendapat mas Bro?

    Belum tentu karena kehantam piston, stelan karburator, over rev juga bisa, kalau rantai timing kedor nggak akan menyebabkan klep menghantam piston, syukurlah semua sudah kembali baik.
    Bisa juga anda habis tes top speed (over rev, atau per klep lemah).
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  44. S.K.P berkata:

    Terima kasih atas balasan reviewnya (^ ~ ^)b

  45. Datra berkata:

    Motor saya vega 2005 baru ganti blok mesin tp masih z berasp n mesinnya panas sekali..
    tlong saranya y…

    Banyak faktor yang menyebabkan, dan mesin panas sekali tolok ukurnya bagaimana ? maaf saya tidak dapat menjawab secara rinci.

  46. amel berkata:

    mau tanya kira-kira kalau ganti stang seher brapa ya ?
    kira2 aja gitu gann..

  47. Akira berkata:

    kita bisa bawa motornya gak kesana om kalo mau ganti laher kruk as sama stang seher?

  48. shul berkata:

    mas kalau ganti kruk as smash asli berapaan ttapi cuma kanannya aja…………

  49. yoga berkata:

    mas bro minta alamatnya cahaya motor nyg baru dimana ya? kemarin kesana dah rata ma tanah tu bengkel plisss infonya thanks

  50. shul berkata:

    semua sudah saya ganti mas bro tp emang kruk as yang kanan sdh pernah saya pangkas sekitar 1,5 MM jd suara kruk as udah kedengaran dan sudah tidak center lagi mas…..

  51. Ping-balik: CAHAYA MOTOR | bengkelsepedamotor

  52. ipanase berkata:

    masalah mesin koq syerem juga ya :D

  53. irul berkata:

    brow bisa ngrubah kruk as vespa dibuat presis rx king?

  54. teguh berkata:

    tanya mas bro kalau kata bengkel “setang sehernya kena dikit nggak papa ” itu memang nggak papa atau harus segera ganti ?. trims jawabannya n kalau nggak diganti dalam waktu lama apa akibatnya

  55. teguh berkata:

    tanya mas bro kalau kata bengkel “setang sehernya kena dikit nggak papa ” itu memang nggak papa atau harus segera ganti ?. trims jawabannya n kalau nggak diganti dalam waktu lama apa akibatnya

  56. mas T berkata:

    tanya mas bro, motor saya vixi th 2009, suara kasar, kemarin ke beres stel klep in 0.10 ex 0.12, tapi suara kasarnya masih muncul walau sudah sedikit berkurang, bbm pertamax, oli motul 3100 tiap 3000 km ganti, kata mekanik beres harus ganti conrod, kira-kira apa betul harus ganti conrod? sorry mas bro newbie

    Coba bawa ke CAHAYA MOTOR Jatinegara
    http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2012/09/02/cahaya-motor/

  57. ardi berkata:

    mas bro . . .
    saya mw nanyak nee, ,
    kalau terdengar suara kasar di bagian mesin tengah vega zr
    tu suara apaan mas , , ??

  58. farhat berkata:

    om kalo kata bengkel dari bunyinya mesin seher oblak itu
    yang diganti stang sehernya aja atau sama seher kit?
    soalnya kata bengkel klo ring seher/ga ngebul ya gausah ganti seher

    bunyi bisa macam-macam, mesin 4 langkah umumnya bunyi dari rantai timing, rocker arm, setang seher (connecting rod).
    Kalau memang setang seher yang bunyi cuma cukup diganti setang seher kit (berikut bearing dan pin kruk as) piston tidak usah diganti.
    Terimakasih.

  59. Daniel NP berkata:

    mau nanya, motorku kan udah bore up.. tapi setelah bore malah ada bunyi dari blok seperti ring longgar.. kira” itu knpa ya ? minta sarannya

    Kemungkinan bunyi dari kompresi yang lebih tinggi, kalau ring longgar mesin tidak bertenaga karena kompresi bocor.

  60. banu berkata:

    Motor saya setelah ganti stang seher malah suaranya jadi kasar atau berisik.
    Penyebabnya apa tolong bantu..

    Penyebabnya bisa macam-macam, ganti setang seher perlu keterampilan teknik yang tinggi dan peralatan yang baik, untuk mesin modern dengan tingkat akurasi yang makin tinggi, setang seher tidak dijual terpisah, tapi set dengan kruk as supaya tetap baik dan sesuai spesifikasi teknis mesin tersebut.
    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  61. daniel82 berkata:

    Mas, motor saya suprax 125 tahun 2006, keluhan saya kok getaran mesin tinggi sekali ya. paling kerasa di daerah footstep boncenger sebelah kiri. motor sudah pernah turun mesin; skur, n ganti kampas kopling. ndak ada suara2 aneh sih.. cuma getaran aja.
    Ada yg ngmong itu krn laher kruk asnya
    oya, saya pernah coba turunin spuyer jadi 35/70 (aslinya 35/75), getaran jadi agak berkurang., tapi ya tenaga agak berkurang juga. getarannya krna apa ya mas? maturswun sblmnya

    Coba diperiksa baut-baut pengikat mesin ke rangka mungkin ada yang kendur, kalau semua OK mungkin bearing atau kelurusan kruk as perlu diperiksa.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  62. Ghooz berkata:

    Permisi bang mau numpang tanya..motor ninja L saya kq bunyi klotok2 itu asalnya dr mn ya?soalnya minggu kmrn habis saya bersihin head silinder’y untuk d bersihin kerak2 karbonnya superkipsnya jg..tp bkn hanya bunyi mendesis..tp klotok2 stelah tutup gas..tp kl langsam g bunyi mndesis doang(katanya sih wajar kl gen ninja)..minta pencerahannya pliss..terima kasih,saya d bantargebang

  63. Ghooz berkata:

    oia motor saya msh standar ting ting cmn ganti knalpot handmade doang..pliss d tunggu jawabannya ya????

  64. Tomo berkata:

    Om, minta no.telp bengkel yg bias di hubungi dong. motor ane supra x 125 kena connecting rod nya jadi butuh di ganti. kalo di cahaya motor abis berapa ya?

    Cahaya Mlotor terima balance ConRod saja, sedangkan untuk Service & Parts Cahaya Motor merupakan beres Yamaha.
    Terimakasih.

  65. Bocah Beler berkata:

    Mas,saya kan punya motor Honda Grand Astrea ’93.. Ini saya service besar,yg diganti hampir seluruh bagian isi mesin,mulai dari seher dll. karena kondisi motor yg kurang fit,sperti bensin sering keluar melalui selalui selang yg dibawah dan oli juga yg sering netes. B’hubung budget buat servis terbatas (Total service besar hampir 700ribu) jadi saya putuskan untuk mengganti stang seher belakangan. hihihihiii..karena masih terbentur masalah dana yg kurang :) Itu gak mempengaruhi mesin kan mas,karena stang seher tidak ikut saya ganti?!

    Kalau saya ganti parts yang perlu saja, kalau di cek masih OK (sesuai spesifikasi) ya tidak perlu diganti. Saya belah mesin HONDA Win 1985 tidak banyak yang diganti.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  66. wahyu berkata:

    om mau nya nih ,, berapa KG sih gaya yg d perlukan untik melepas crank pin , dan berapa KG gya untuk pemasangan kembali ,,,

    Bengkel Cahaya Motor, menggunakan mesin press dengan kekuatan 15 ton – 15000 kg, untuk melepas dan memasang crank pin, rata-rata tidak sampai 5 ton sudah lepas.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  67. rizal berkata:

    Mz bro, sori gangu. Gue punya motor rx king, tapi suaranya kya mesin jahit klo dibawa lari kenceng trus tutup gas suaranya klek,klek,klek itu apanya ya. Mau diganti

  68. edi berkata:

    spd motor aku suprax 125, kehabisan oli ,… pada mesin terdengar kasar. ..aku servis ganti sekker+ rante kamprat…stelah diservice pada keadaan motor di tempat….suara sdh tdk kasar, tp stelah dipakai jalan 1-2km, mesin bunyi kasar lagi…..setelah mesin dimatikan mesin tidak kasar lagi…..mas…klo dilihat kondisi sperti itu…apa rusaknya dan harus ganti apasaja?…trims

    Kalau sampai kehabisan oli, ada kemungkinan Stang seher set (Connecting rod) juga harus diganti.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  69. grandmotor berkata:

    Mas bro,w bisa titip buat kunci buat membuka mur sporket grand,gl pro?yg bentuk kunci ny kaki 4..hanya saja mau ditempa untuk bisa diaplikasi ke impact driver..lalu pembuka gigi timing sporket,bisa saya b
    eli juga mas bro?thnx..salam hangat..081377432807

  70. nanang handoyo berkata:

    mas

    sy mau tanya nich komstir sy udah ganti tp knp di kndarai tidak enak ya.apa pgaruh sockbeker di turuni y.thank

  71. Ariyo s'lalu menantimue berkata:

    Berapa biaya kalo ganti seher

  72. yan berkata:

    Saya buka bengkel bubut rumahan dgn alat sngt sederhana, kira2 bolehkah saya magang ke cahaya motor bwt nambah wawasan?

    Silahkan langsung ke Cahaya Motor bicara dengan Oom Yusai, bisa juga bawa kruk as yang mau diganti setang sehernya, pekerjaan beliau bisa kita lihat langsung.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  73. abu ataayra berkata:

    mau nanya mas bro, motor saya karisma 125d 2004 suara udah kasar tp tarikan masih oke, kata bengkel kena setang sekernya. 1. apa bisa kalau mtr tetap dipakai stiap hari, brp lama kekuatan sampai harus turun mesin? 2. jika harus ganti sparepart, kira2 apa saja yg hrs saya ganti (nama2nya) 3. berkaitan budget saya cekak, sparepart merk apa selain ORI yg murah tp kualitas lumayan (ini dijawab via email aja takut melanggar kode etik). Terima kasih

  74. asasa berkata:

    bro, kalo cs-1 cara ganti stang seher nya gmana? kan gigi pompa oli nya rapat bgt ama kruk as nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s