DIY – Modifikasi Standar Samping BeAT

Mesin tetap hidup

Sempat agak tergangu karena mantan pacar saya kalau pulang naik motor ini mematikan mesin (terjadi tanpa niat karena memang saat standar samping diturunkan) didepan pagar, buka pagar kemudian starter lagi mesinnya untuk masuk kedalam dengan jarak kurang dari 5 meter pakai motor starter (tidak efisien).

Hal tersebut terjadi karena Honda BeAT dilengkapi dengan saklar pengaman standar samping, dengan maksud agar kalau berkendara tidak lupa menaikkan standar samping, jika tidak pada posisi naik maka mesin akan mati atau tidak dapat hidup.

Cari info tentang saklar standar samping akhirnya dapat Service Manual Honda Vario, langsung cari bagian diagram kabelnya, file dalam bentuk PDF dapat diunduh di SINI

Cara kerjanya adalah kabel Hijau-Strip Putih (G/W) yang masuk ke ICM (Ignition Control Module) harus terhubung dengan ground/negatif (Kabel Hijau) supaya mesin tetap hidup, posisi standar samping naik.

Kesimpulannya saya harus menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih ini dengan ground saat standar samping diturunkan oleh mantan pacar saya supaya mesin tetap hidup. Saya tidak mau fitur keselamatan ini 100% non aktif dengan menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih langsung terus menerus ke ground, yang dikehendaki adalah fitur keselamatan standar samping hanya non aktif pada kondisi tertentu, turun sebentar membuka pagar, atau berhenti lainnya yang tidak perlu mematikan mesin dan menggunakan standar samping. Akhirnya saya putuskan untuk memanfaatkan fitur rem parkir Honda BeAT, yaitu rem belakang dapat dikunci (seperti rem tangan pada mobil), jadi sepedamotornya aman direm, standar samping turun, mesin tidak mati, dapat buka pagar, dan yang paling penting juga adalah fitur keselamatan standar samping tetap berfungsi, tetap mematikan mesin kalau standar samping turun dan sepedamotornya tidak direm.

Saat sepedamotor direm, saklar rem akan mengirim tegangan positif yang diteruskan melalui kabel warna Hijau-Strip Kuning (G/Y) untuk menyalakan lampu Rem Belakang. Untuk merubah sinyal rem tegangan positif menjadi sumber negatif seperti yang dibutuhkan ICM saya menggunakan relay.

Saat tuas rem belakang ditarik kemudian dikunci, lampu rem menyala, ada tegangan positif di kaki relay 85, relay akan bekerja dan menghubungkan kaki relay 30 dengan 87, maka ICM tetap mendapat Ground walaupun standar samping diturunkan, nah sekarang dipasang di sepedamotornya.

Untuk keamanan dan keselamatan lepas baterai; kutub negatif lebih dahulu (dan pasang  baterai kutub negatif terakhir).

Buka jok bersama bagasi kecil, 4 baut ukuran kunci 12 dan tiga sekrup ukuran Philips #2

Buka juga penutup mesin depan (2 lagi sekrup Philips #2), periksa ulang warna kabelnya karena wiring diagram yang saya punya model VARIO, ternyata sama.

Cek lagi dibagian ujung yang masuk ke ICM, kabel warna Hijau-Strip Putih, OK sip cocok.

Ground, Lampu Rem, ICM

Ground, gabung bersama kabel ground yang lain di frame.

Untuk kabel ke lampu rem dan ICM semuanya hanya saya colok (setelah ujung kabelnya dikupas dan disolder agar kaku), kemudian disolasi dengan isolasi yang baik khusus kendaraan bermotor (Scotch 3M 33 Vinyl Plastic Electrical Tape) agar tidak lepas. Tidak ada bagian kabel asli yang dirubah.

Hasilnya adalah seperti gambar paling atas Honda BeAT dapat hidup mesinnya (Lampu Depan AC menyala) dengan posisi standar samping setelah rem belakang dikunci.

Selamat mencoba !!! salam, bengkelsepedamotor.

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di Service Sendiri (DIY). Tandai permalink.

51 Balasan ke DIY – Modifikasi Standar Samping BeAT

  1. rumus cepat matematika berkata:

    simple ya..makasih infonya///

  2. kentadis berkata:

    pertamaxx
    sayang g pny matic honda,hhe
    tp tipsx bgus bro
    eh bro, bs bnrin beat yg ini ga? :mrgreen:

    http://kaskuserz.com/forum/Honda-Beat-Kondisi-35

  3. kentadis berkata:

    pertamaxx
    tipsx bgus bro
    eh bro, bs bnrin yg ini ga? :mrgreen:

    http://kaskuserz.com/forum/Honda-Beat-Kondisi-35

  4. daris berkata:

    nice share gan, adek ane pake vario juga sperti itu kalau buka pagar
    jadi nyebelin pake vario

    menuju tkp :D

  5. wahyu febriono berkata:

    WOW!!! ide yang hebat, dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
    terima kasih info dan niat berbaginya, segera saya aplikasikan ke matic techno ku.

  6. K0meng berkata:

    Bro Bengkel emang LUAR BIASA!!!

    Salam Bro, from teman lama. K0meng.

    He…he…he… Apa kabar Bro, kapan mau ketemuan ? saya sudah di Indonesia lagi nih.

  7. Kori berkata:

    Briliant..2 jempol dah

  8. ferryhardono berkata:

    Untung kymco gak ada fitur skalar pengtaman standar samping :D.

    Eniwei, tips mantabs, bro. Simpel dan murmer.
    Kalo gak keberatan, boleh gw kupi-pes? Biar info-nya bisa dibaca yg lain …? (udah pasti akan ditulis sejelas-jelasnya sumber-nya, wong kupi-pes nya juga full … hehe)

    Silahkan Bro, syukurlah kalau bisa bermanfaat, dan menghemat starter :)

  9. Tozzy berkata:

    maturnuwun, bro. salut dengan kreatifitasnya ! :)

  10. Ping-balik: DIY – Modifikasi Standar Samping BeAT « Tozzy Modification

  11. Tozzy berkata:

    Punten, Mas Imam, numpang ijin nambahin artikel oprek murmer.
    moga2 bermanfaat buat yg motornya blm pake Parking Brake Lock ala Vario/Beat :)

    http://tozzymodif.wordpress.com/2009/05/06/tips-n-trik-yuuuk-bikin-parking-brake-lock-ala-variobeat/

  12. paiton berkata:

    Kalo spt itu brarti switch standar samping scara tdk langsung di disable dong.. interlock nya kan saat distarter rem harus aktif dan standar samping harus naik maka mesin baru mau hidup, nah sementara pd saat mau starter kalo rem aktif (rem depan/belakang) maka relay tambahan tadi aktif jg dan meng-graound-kan kabel hijau strip putih td. jd tanpa menaikan standar samping motor tetap bs hidup (think safety…)

    Betul, sepedamotor dapat di starter (dengan motor starter) walaupun kondisi standar samping turun, karena rem ditarik ICM mendapat ground dari relay.
    Tetap aman karena rem masih ditarik, sepedamotor tidak dapat berjalan, kalau rem dilepas dan standar samping masih turun, mesin akan MATI safety switch standar samping tetap berfungsi normal kalau rem tidak ditarik.

    Singkatnya, standar samping turun dan masih ingin mesin tetap hidup/dapat distarter, rem harus ditarik, motor tetap tidak dapat jalan (safety first, saya sayang sama mantan pacar saya).

    Terimakasih buat masukkan-nya saya akan buat versi kedua, yang tidak dapat starter kalau standar sampingnya masih turun :)
    salam,
    bengkelsepedamotor

  13. SixBalak berkata:

    Mas, gimana kalo bikin matic bukan Honda, biar bisa punya fitur switch standar samping kyk gini?
    Apa aja yang perlu diganti? Sukur2 coaching kliniknya, he he he.
    Thanks & keep Up The Good Work, :-)

    Kalau mau pakai partsnya Honda skutik perlu disesuaikan dudukan di standarnya, atau bisa juga gunakan saklar lain sebaiknya yang anti air (tidak konslet/hubungan arus pendek)… mesti lihat wiring diagramnya dulu mau diterapkan di model sepedamotor yang mana.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  14. atlet motorcycle berkata:

    Menarik sekali ini mas, sipp dah! :-D
    Tapi saat rem di tarik2 terus misal pas dikendarai normal pengaruh gak ke relaynya, kan jadi mati-nyala terus? (lg smgat bljr kelistrikan motor :-D)

    BETUL, saat sepedamotor jalan dan kemudian menarik rem (depan/belakang) relay akan aktif, akan mengurangi umur penggunaan relay, memang penggunaan relay seperti itu.
    Relay = saklar yang diaktifkan secara elektronik.
    Ayo semangat terus…
    salam,
    bengkelsepedamotor

  15. Hebat Nih….Keren tipsnya,

    Coba Mampir ya Ke sini………..:D saya Tunggu Ya

  16. arantan berkata:

    Manteb! gw perlu banget nih…
    Setiap hari, kalau berangkat bisa Skywave saya bisa 3 kali nyala – mati, karena buka pintu garasi dan buka pager, sambil manasin mesin. Sekarang ya standard tengah…

    Maunya ada seperti saklar gitu untuk me non aktifkan si standard samping, apa mungkin ya?

  17. A Seen berkata:

    weee, ada aja ide baru om bengkel

  18. O2r berkata:

    Bikinin dong yang gratis ada :mrgreen:

  19. Van der Syur berkata:

    wah beli skutik Y aja … gak perlu relay-relay-an … :D

  20. ahlul BEAT'ah berkata:

    wah baru nemu nih warung…..ngga pa-pa kan telat…!!! yg mao saya tanya ada efeknya ngga kalo relay rusak/mati…? terima kasih mas bro….

  21. Boombox Walker berkata:

    Honda memang selalu dapat memberikan trobosan-trobosan yang bisa konsumen nyaman dengan kendaraan hondanya!untuk infonya yang jenius thnks bgt y….

  22. Boombox Walker berkata:

    lah, bukannya standar samping otomatis dibuat demi keselamatan pengendara. klo cuma sekedar buka pager ya begitu motor mati tinggal didorong aja toh. ga jauh ini. hmmmmm……..

  23. Beatcom Batam berkata:

    Izin Copy-paste dengan tetap mencantumkan sumber.
    http://www.beatcom.info/tips-dan-trik/diy–modifikasistandarsampingbeat
    Semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua.

  24. Fay berkata:

    Mas ada tip’s gk cara bikin lampu hazard dengan meggunakan fungsi tombol starter di honda beat.. kan kl motor ini sedang berjalan, tombol kita tekan seakan-akan gk berfungsi. kecuali jika kita akan menstarter awal + menekan tuas rem (kiri/kanan).. baru mesin mau menyala..
    Nah maksud saya ini, daripada kita nambah2 switch tambahan dimotor2 kita. mending kita pergunakan tombol itu dengan menambah flasher relay aj. karna flash relay yg ada supaya awet.. ada skemanya gk ya ???

  25. nug_mijen berkata:

    sumpah, tips yg agan kasih bagus bgt, terimakasih mas brow

  26. awan berkata:

    wah great…tp ada pengaruh k relaynya g om???

  27. Terimakasih,
    Saya sudah coba relay generasi pertama sudah lebih dari 1 tahun tidak ada masalah, sekarang coba generasi ketiga, akan saya buat banyak dengan garansi 5 tahun.

  28. Ridwan berkata:

    Assalamu’alaikum

    Terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat. Setelah saya coba,Alhamdulillah sukses.
    saya mohon ijin, tips ini saya posting d kaskus ( http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10872604 ) semoga bisa bermanfaat untuk pengendara setia honda beAT yang lain.
    kalau memang tidak di ijinkan postingan tersebut akan segera saya lock. Terimakasih

    Wasalamu’alaikum

  29. daru berkata:

    ide brellliant gan…mw coba ke vario cbs lah
    matur nuwun juragan….

  30. putra berkata:

    gan alat dan bahan yg di perlukan apa aja yaa ?

    Bahan: Relay, Alat: Solder, Kunci 10mm dan obeng Philips #2 kalay mau yang sudah siap pasang ada tersedia di bengkelsepedamotor.

  31. motegi berkata:

    Mantab bener nih share tentang pengaman yang berguna bagi para biker.

  32. irfan fauzi berkata:

    Mas klo boleh tau.. Cara memeodifikasi motor standar biasa,tp k’liat’annya ​​:)ßαğoº°˚˚°º°˚˚°ºєs gy2 gy mna..?? N ªª’a aja Ɣªήğ hrus ∂ΐ ubah..
    Trmkish

  33. ozi berkata:

    bang.. kalo pake transistor buat nggantiin relay bisa nggak?& kalo bisa rangkaiannya gmana? trima kasih bang

  34. VarTech_AntiGalau berkata:

    NICE INFO!
    sumpah ini tips keren banget, saya aja lagi cari cara buat vario tecno saya supaya gak mati kalo turunin standar samping buat buka pager rumah, (selama ini pake standar 2 terus). cuman karena saya bukan tukang bengkel, gak ngerti pasangnya, adakah tempat / bengkel yang bisa bantu? terima kasih.

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150301512943281&set=a.10150301512378281.356868.390387968280&type=3&theater

  35. dion berkata:

    tipz yg sng bgs gan.
    Oia, sy kn gk bs nge instal sndri. Low di dealer resmi bs gk y?

  36. Abdul Rohman berkata:

    mas klo lokasi icm untuk motor vario dimana ya? di tunggu mas Terimakasih

  37. ICM terletak dekat coil pengapian (diatasnya), ikuti kabel busi sampai ke pangkalnya = coil pengapian

  38. Kalau tinggal di Jakarta bisa saya pasangkan

  39. ferdy berkata:

    mas, gmana cara bkin relaynya?

    Relay beli jadi, yang dibuat rangkaian kabelnya, kalau yang sudah komplit rangkaian kabelnya bisa dipesan di bengkelsepedamotor
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150301512943281&set=a.10150301512378281.356868.390387968280&type=3&theater

  40. qqqqqqqqq berkata:

    berarti yang dimodif cuman groundx doank?

    Iya, kalau ground putus, mesin mati karena tidak ada pengapian

  41. ferdy berkata:

    masi bingung cara modifx gan.,,
    rumah ane bukan di jakarta, klo ada videox mungkin gan,hehe…

  42. maskojun berkata:

    cerdas sekali… kreatif

  43. Kojack berkata:

    saya malah pengen masang sensor ini di motor laen…
    Caranya bagaimana ya?

    Bisa, pakai switch dari sepedamotor ini sesuaikan dengan standar sepedamotor Mas Kojack, atau mungkin perlu juga sekalian ganti dengan standar sampingnya (kalau rumit) bisa juga dengan switch lain yang tahan air (tidak mudah konslet), untuk kabel sebaiknya ada wiring diagram supaya bisa disesuaikan kabel mana yang dipakai (lihat di kunci kontak waktu posisi OFF).
    SAFE RIDING (banyak masih yg saya lihat jalan dengan standar samping masih turun).
    Terimakasih,
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  44. electrohell berkata:

    hatur nuhun,,stelah dicoba sndri bs jg gan .
    trus brkarya n sukses slalu .

    Hatur nuhun…

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  45. jepri berkata:

    kalou gk pakae relay pengaroh gak bos ke CDI/AKI..

    Mohon dijwb ya bos…hehe

    Yang pakai relay sudah dicoba ?
    Coba dulu, kalau sudah dicoba pasti tahu jawabannya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  46. aziz berkata:

    salam kenal..ternyata pemikiran anda sama persis dengan saya…2008 saya punya Vario dan saya modif seperti honda beat anda. tapi gak sempat posting di inet… dan waktu itu juga otak atik sendiri…

    Mantap.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  47. jejentagorautis berkata:

    gan ada g video ny d youtube gtu coz ane pgen nyoba tp dah d bongkar2 bodi malah mumet :D

  48. Acus berkata:

    Tetep ajha boss bisa hidup meski standar samping di turunin jg, , kalo starter ny pke rem blakang mh

  49. Tedi ba berkata:

    Bagus idenya,kreatif

  50. tri lampung berkata:

    gan, ini relay yang biasa dipake untuk apa, yang bisa di pasang disini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s