Throttle Kicker

Throttle kicker, tujuannya adalah membuka throttle atau menaikkan gas sehingga putaran mesin tidak terlalu rendah, contoh sederhana pada mesin mobil jika AC dinyalakan beban mesin tambah berat maka ada sistem “idle up” yang menaikkan putaran mesin agar mesin tidak mati.

Karena bengkelsepedamotor adalah blog sepedamotor maka yang mau dibahas adalah Throttle kicker (idle-up) pada sepedamotor, gunanya throttle kicker apa ? sepedamotor tidak pakai AC, kenapa gas dibuka/tutup tidak ikut saja dengan buka tutup grip sesuai keinginan pengendara.

Dengan semakin canggih komputer yang ada di sepedamotor, biasa disebut ECU/ECM maka sekarang tugas mekanis Slipper Clutch sudah bisa diambil alih secara elektronis, adalah Keihin EFI’s “throttle kicker” system, yang menggunakan pengaturan bukaan gas agar kekuatan engine brake tidak mengunci roda belakang saat pengendara tutup gas, turun gigi, siap-siap nikung….. trus buka gas lagi…..
(Penjelasan Sliper Clutch)

Throttle Kicker hampir mirip seperti traction control, ECU/ECM akan menghitung kecepatan sepedamotor (roda belakang), putaran mesin, posisi gigi transmisi, kalau pada traction control menjaga agar ban belakang tidak spin/drift ban berputar lebih cepat daripada kecepatan sepedamotor, maka Throttle Kicker akan menaikkan putaran mesin agar roda belakang tidak terlalu lambat “skid” saat pengendara tutup gas dan turun gigi (over rev) lepas kopling… nikung… (lagi).
Sepedamotor yang sudah menggunakan Keihin EFI’s “throttle kicker” system adalah KTM RC8 1190

Selain KTM RC8 1190, 2013 Triumph Street Triple (Cycle World’s favorite motorcycles) juga pakai Keihin EFI’s “throttle kicker” system.

     Sementara bengkelsepedamotor coba yang versi 2012 dahulu supaya nanti tahu bedanya… coba (break-in, lumayan dapat >300km) di jalan yang banyak tikungannya… Jakarta-Bandung-Jakarta

   Jadi tidak perlu rubah konstruksi kopling dan sistem ini lebih baik dibandingkan sistem mekanis karena kopling tidak lepas, tetap terus berhubungan antara mesin dan roda belakang maka saat keluar tikungan buka gas… roda belakang langsung ikut putaran mesin tanpa jeda.

Salam,
bengkelsepedamotor

bengkelsepedamotor_logo

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di Informasi Umum. Tandai permalink.

8 Balasan ke Throttle Kicker

  1. yudha depp berkata:

    pertamax gan!!!!
    artikel yang menarik jangan lupa mampir balik
    hohohoooo
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/yamaha-touch-125-imut-tapi-gemesin.html?m=0

  2. Joko berkata:

    Kalau cc-nya kecil mungkin belum perlu ya. Selain faktor harga, engine brakenya kan kecil. Paling kalau salah pindah gigi saja terjadi rear wheel skids.

    Motor cc kecil perlu juga khususnya saat di sirkuit, karena posisi gigi diturunkan sesuai dengan yang akan digunakan saat keluar tikungan, bisa dilakukan dengan setelan idle yang lebih tinggi (4 langkah karburator).
    salam,
    bengkelsepedamotor

  3. id berkata:

    wow, bisa diaplikasikan ke matic ga om

    Sepedamotor dengan transmisi matic efek “engine brake” tidak dapat membuat ban belakang mengunci/skid jadi tidak perlu (sekalipun matic cc besar), throttle kicker atau slipper clutch perlu untuk sepedamotor transmisi manual jika setelah lurus dengan posisi gigi 6 trus mau belok dengan tikungan pakai gigi 2/3.
    Terimakasih.

  4. umarabuihsan berkata:

    apa berarti ecu bacanya dari perpindahan gigi dan ‘numpang’ ikut baca proximity abs ban belakang Om…

    BETUL, dari sensor ABS, Crank sensor (RPM), sensor posisi Throttle dan sensor/switch tuas kopling. Perpindahan gigi oleh ECU cukup dihitung dari selisih antara putaran mesin dengan putaran ban belakang.
    Terimakasih,
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  5. radityohari berkata:

    motor diatas 250cc udah pantes pake slippery clutch, klo matic nggk ada engine brakenya, sama seperti mobil matic

  6. Adhitya Ramadian berkata:

    klo diaplikasikan ke pulsar bisa? bisa untuk mengatasi turunnya rpm yang terlalu rendah? dalam kondisi tarik gas hingga limiter, p180ku rpm bisa turun 2000, bisa ga dibuat turun 1000? hehehe

    Throttle Kicker bekerja saat tutup gas. Untuk kondisi diatas bisa dicoba dengan mengganti gir di roda belakang dengan ukuran yang lebih besar :-)
    Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s