Bedah Mesin VERZA 150

bengkelsepedamotor crf 150 08Selain berkesempatan mencoba Honda Verza 150, bengkelsepedamotor bersama teman-teman blogger juga mendapat kesempatan untuk bedah mesin Honda Verza 150. Mesin Honda Verza 150 dikatakan mirip dengan Honda New Mega Pro. bengkelsepedamotor sangat suka bongkar-bongkar (pasang kalau sempat) mencoba melihat apa yang ada didalam mesin, waduh… lho koq begitu, ini kan mesin 150cc tadi dijelaskan ini sepedamotor entry level dengan harga dibawah 17 juta rupiah, lho koq pakai itu, wah… ini nggak main-main

bengkelsepedamotor crf 150 03

setelah lebih 20 tahun belajar mesin sepedamotor dan berkesempatan membedah mesin, baru kali ini bengkelsepedamotor melihat sesuatu yang spesial dari mesin 150cc vertical split crankcase.
Setelah membandingkan dan mencari referensi kesana-sini akhirnya bengkelsepedamotor berkesimpulan mesin VERZA 150cc (dan New MegaPro) adalah turunan dari HONDA CRF150F bandingkan spesifikasi diameter dan langkah piston, perbandingan kompresi mirip.

bengkelsepedamotor crf 150 05

Membandingkan suku cadang banyak juga bagian CRF 150 F yang digunakan oleh mesin VERZA 150cc (dan New MegaPro).
Yang paling menarik bagi bengkelsepedamotor dari mesin ini adalah digunakannya silinder roller bearing pada crankshaft sisi tenaga (sebelah kanan yang berhubungan dengan kopling), iya pakai silinder roller bearing bukan ball roller bearing seperti mesin biasanya, bengkelsepedamotor tidak salah lihat.

bengkelsepedamotor crf 150 03
bengkelsepedamotor crf 150 04 

bengkelsepedamotor juga sudah periksa didaftar suku cadang New MegaPro, bahwa bearing ini P/N 91001-KSP-913 BEARING, ROLLER, 30X58X17.
Roller Bearing lebih kuat menerima beban dibandingkan Ball Bearing. Teknik pemasangan crankshaft jadi unik, sebelah kiri menggunakan ball bearing spesial yang dipegang 3 pengait (lihat gambah dibawah bengkelsepedamotor beri warna merah) dan satu penekan dengan per (lihat gambah dibawah bengkelsepedamotor beri warna biru) untuk menjaga bagian luar ball bearing spesial tidak berputar, sebelah kanan pakai roller bearing (silinder) yang kuat.
bengkelsepedamotor crf 150 10

Tambahan info dari wikipedia tentang bearing

Jadi untuk mesin Honda Verza 150 dan mesin New MegaPro……………………

bengkelsepedamotor harus berkata :
WOW !!!!!!!

Salam,
bengkelsepedamotor

bengkelsepedamotor_logo

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di Servis Sepedamotor dan tag , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Bedah Mesin VERZA 150

  1. b.int berkata:

    josss

  2. tongsam berkata:

    turunan mesin bandel ternyata……

    atau yg biasa modif gl jadi trail akan melirik menggunakan mesin ini untuk nggantikan gl.

    kok tidak melirik pasar garuk tanah ya…. atau honda belum…? mesin sudah ada, tinggal rangka….

    *bedah lagi mas…..

  3. Joko berkata:

    Dari bentuk luarnya saja sudah kelihatan kok, itu mesin crf. Cuma dulu diketawain waktu ngomong seperti ini, malah dikira fbh. :(

  4. Bukankah CRF sohc unicam bro seperti kakanya yaitu CRF 250 … Apakah yg ini juga sama ? Kalau memang iya pasti torque melimpah dan bandel krn mesin motor SE yg biasa dipakai motor cross

    Honda CRF150 ada 2 model, CRF150R Liquid Cooled Unicam & CRF150F Air Cooled yang mesinnya dipakai juga oleh New MegaPro dan Verza 150.
    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  5. jejen berkata:

    berarti ada tambahan opsi buat bangun trail dari si megy atau versa ya……ga cuma ke GL series seperti biasanya…. Josssssss…..

  6. ipanase berkata:

    soal CRF 150 itu memang cerita lama sampe kebanyakan komentar blog ngasih video kesamaan mesin nmp itu crf 150 waktu itu ( jaman nmp musim mbrebet :D )

    Yang WOW !!! roller bearing bukan CRF150F

    CRF 250 L
    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  7. umarabuihsan berkata:

    1. apa roller ball gak cukup ya?
    2. kl misal, roller ball dah cukup, bukankah roller silinder punya bidang gesek lebih banyak, energi hilang?

    Untuk menghitung beban, koefisien gesek bearing bengkelsepedamotor belum sampai ilmunya, baru sebatas tahu bahwa roller bearing lebih kuat daripada ball bearing, dan untuk konfigurasi ini ball bearing sebelah kiri harus spesial ditambah dengan penambahan 9 10 part, pasti ada gunanya dan untuk tujuan lebih baik daripada ball bearing kiri dan kanan.
    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  8. bny berkata:

    kalo saya pribadi sebagai owner nmp…sangat suka dengan karakter nmp..pas karakter nya untuk harian..untuk masalah brebet dipastikan skep karburator baret..bisa di klaimkan ke ahm lewat ahass..brebet jadi salah satu aib nmp..kalaupun skep baru nanti jg pasti baret lg…maka kemungkinan saya akan lengserkan karbu vakum..torsi bawah lumayan buat motor spek sprti itu..top speed yg pernah di dpt…117 km/h (g nunduk) pernah nunduk + slope dpt 124 km/h hoax ga ada untungnya buat gw…motor ga ada sdktpun modifikasi..premium oli jg mpx..
    kalo motor malam minggu+minggu pagi (turing) beda spek lah..

  9. gc133hijrah berkata:

    Pencerahan buat ane….

  10. baridienbp berkata:

    yang ngerti mesin puluhan tahun aja bilang wow..klo saya sih yg penting masih enteng buat harian plus sabtu minggu bisa solo turing dengan nikmat

  11. debu biru berkata:

    foto spesial ball bearing yg kiri ada gak mas? penasaran ni, ada embel2 spesialnya..

    Kalo roller bearingnya kode nya apa mas? sapa tahu bisa pas dipasang di crankshaft gl :)

    ball bearing spesial sebelah kiri mempunyai alur yang nanti akan disangkut oleh pengait yang berwarna merah pada 3 posisi, sedangkan yang berwarna biru akan menahan outer race ball bearing supaya tidak berputar.
    Part Number bearing ini 91002-KRM-871 untuk CRF150F (6207 Special), sedangkan menurut Part Katalog New MegaPro tidak dijual terpisah, tetapi set tergabung sebagai crankshaft assy.
    Part Number (kode) Roller Bearing ada diatas sudah ditulis :)

    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  12. Ranggazonne berkata:

    mantab…………….

  13. angger amul berkata:

    ini untuk putaran rendah (spidometer kayak bebek, NO RPM), dan bidang gesek juga lebih besar, dan memungkinkan lebih panas dan lost tenaga. CMIIW

    seharus nya bilang “wew” :(

  14. debu biru berkata:

    weits.. gambarnya matab mas !! thanks buat update-an nya..
    ternyata gak dijual terpisah,, xiixixixi…

    intinya sih memahami kalo bearing model ini desainnya bukan untuk putaran tinggi, tapi lebih cocok pada beban berat atau tanjakan

  15. gumun berkata:

    jadi tau mengapa roda depan mobil menggunakan roller bearing ternyata lebih kuat hehe,

  16. Bangun berkata:

    WOW MANTAB….

  17. Taufik berkata:

    emang bener bener tukang bengkel propesional mas imam ini . . .mantabbb

    Terimakasih Kang Taufik, sementara praktek yang ini cuma sampai bongkar saja, belum sampai pasng kembali :D
    salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  18. tongsam berkata:

    ^

    win nya berada di tangan yg tepat kok mas….. gak usah khawatir…. xxixixiixixix

    :P,

    logo

  19. Ping-balik: nyobain Verza 150 , Apa yang bisa di eksplore? « Azizyhoree's Blog

  20. warung DOHC berkata:

    adalagi bearing yg unik om fleksible & highspeed :D tapi jarang ada di motor hehehe

  21. emir99 berkata:

    Koefisien RPM bawah ternyata…. Pencerahan yg joooozzzz Mas Imam.. Izin follow :)

    Monggo silahkan
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  22. antiiklanbego berkata:

    knp para fby slalu mengatakan spd motor honda cuma ganti baju doang, padahal ada tambahan/pengurangan dan penyempurnaan mesin, saya sih ga fanatik merek, yg penting mutu, toh tiap pabrikan mempunyai jagoaannya masing2 dan entry levelnya jg masing2.

  23. rusmanjay berkata:

    mantap……… nambah pengetahuan nih.
    salam kenal :D

  24. teguh berkata:

    megapro primus mau dikemanain klo dah liat teknologi kyk gni? top dah?

  25. pakzulykkt berkata:

    siip lah dan oke sy ikut pakai

  26. Isengaje berkata:

    sheprical bearing jelas lebih kuat dari pada ball bearing, masalah gesekan pengaruhnya sedikit jadi bisa di hilangkan, karena toh ada oli yg melumasi, ball bearing tumpuannya titik, sheprical areanya lebih luas, semua motor enduro pasti pake sheprical bearing..

    btw takjub juga saya liat verza ama nmp pake sheprical bearing hehehe.. baru tau… thank you mas bro..

  27. wirasta berkata:

    bisa gak mas kepala silinder motor verza dipasang buat motor tiger,trimkasih

  28. akur berkata:

    Bisa gak mesin verza diganti crankshaft tiger. Apakah tinggal pasang atau banyak penyesuaiannya……
    Atau ada cara lain untuk upgrade mesinnya..
    Thx

  29. Verza sudah PGM-FI, upgrade mesin harus disertai upgrade FI, minimal software upgrade.

  30. yama moto jr. berkata:

    gan permisi numpang nanya
    karbu pengganti yg cocok buat nmp ? itu ada gak ya yg venturi nya lbih gede dr standar n lengkap am tps ny juga
    thanks

    Paling cocok ya yang STD sudah seimbang, kalau mau lebih besar nanti keseimbangan terganggu dan ada yang dikorbankan.
    Pasti ada yang lebih besar, TPS bisa dibuat dudukan atau sambungan.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  31. martin berkata:

    Mas, mo tny nih
    Kalo verza mau dibuat trail shoc depan diganti apa yg cocok? Lainnya apa aja yg perlu diganti? Thx

    Cocok adalah masing-masing pribadi, berkreasi saja, yang jelas perubahan akan mempunyai efek samping, ada yang baik, ada juga efek samping yang kurang baik.
    Tetap safe riding, terimakasih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  32. eben berkata:

    mas bro aku punya verza km baru 1400..suaranya kayak supra..nguk nguk,,,kata mekanik tetangga gear primer nya yang bunyi….punya solusi ngak

    Selama tidak mengurangi kemampuan mesin secara normal, hal ini merupakan variasi produksi mesin, bukan cacat produksi, masih dalam batas toleransi, suara akan berkurang seiring bertambahnya umur mesin.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  33. luv honda berkata:

    Emang HONDA paling mantab

    Jangan lupa perawatan secara berkala di bengkel.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  34. fan boy itu bego, ga dibayar aja belagu, apalagi dibayar? berkata:

    Kalo Verzanya giginya kadang nyangkut di gigi persneling 3 ga mau turun. kadang juga pindah gigi keras. itu salah setingan kopling ato gimana?

  35. Epiz berkata:

    Perseneleng nya,kadang2 nyantol,
    trus netral netral dewe mz bro..

    Coba periksa tinggi permukaan oli mesin dan setelan jarak bebas tuas kopling.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  36. Diaz berkata:

    mas bro mau tanya cara merubah segitiga megapro ke segitiga byson apanya aja yang perlu dirubah

    Thanks Infonya

  37. franata berkata:

    baru 7 bln pke honda verza injektornya sdh rusak,mhn penjlsn.

    Kalau dirawat sesuai prosedur Astra Honda Motor dan digunakan secara normal peruntukan Verza, bisa diperiksa di Dealer resmi HONDA untuk perbaikan lebih lanjut, mudah-mudahan masih termasuk dalam garansi pabrik.
    Terimakasih
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  38. wiira berkata:

    asalamualaikum maz2
    mau tnya nh
    mtoR verza saya kan baut headnya patah, patahannya ketinggalan d dalem
    saya coba tambah daging mau d tap ulang dngan ukuran baut aslinya

    pas d paSang malahan ga bunyi2 motornya
    kya kmpresinya ilang gt2
    pas d engkol jga enteng

    mau tanya gmana cra normalin llagi mtornya

    minta bantuannya ya

    Kompresi tidak ada:
    periksa setelan klep, timing Top Dead Centre antara Crankshaft dan Camshaft, (Piston & Ring Piston)
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  39. trianto berkata:

    assalamualaikum. bos mw nanya. kenapa getaran stang vesza ane kok gede banget ya. baru jalan 5 km ja tangan dah kesemutan. verza ane baru 3hari. cara ngatasinya gimana bos, mhon solusiny. terimakasih

    Setang pasti bergetar saat mesin hidup, coba bawa kembali ke dealer untuk diperiksa, kalau boleh bandingkan dengan sepedamotor yang sama, apakah ini memang karakternya sepedamotor Verza, dan getaran ini masih dalam batas normal.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  40. dani putranto berkata:

    kunjungan pertama saya, sekaligus informasi yang sangat berguna bagi saya. yang pasti verza cukup banget buat saya, karakter geargox yang narik trus dan cepat (menurut saya), bawaannya lincah nurut, bahan bakar uirit palagi lok kita pakenya pertamax ato plus, dijamin lebih irit dibanding bensin, sayangnya limiter terlalu rendah… lum puas kitanya ngegas mesin da teriak2 dulu minta ganti gi2, paling nyebelin lagi pas di gi2 5…. masuk kecepatan 100 komputer seperti merintah mesin agar gak narik lagi… :p resiko dari irit bahan bakar paling… skali lagi apa yang saya tulis diatas menurut pendapat saya…
    mpama pengen modif mesin paling madatin kompresi dikit dgn mainin pak blok, modif dikit di kubah seher biar gak mentok silinder kop ato klep, porting polis dikt in dan out, trus pasang piggy back, trus ganti knalpot yang agak ngelos dikit tapi yang suaranya sopan, trus gir belakang seting ulang lebih kecil dari std. pokok pengennya biar enak diajak turing gak gampang kehabisan napas…. kapan y kesampaian modif gitu…??? :)

    Coba ganti gir belakang 2 mata lebih kecil :-)
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  41. bens berkata:

    Mas,new megapro,enaknyanya di boreup atau struk up,saya berencana haya pengin naik antara 180-190cc,mohon pencerahanya…Mas

    Paling enak kapasitas mesin masih 150cc tapi boleh melaju seperti 190cc, kalau harus pilih saya pilih boreup, tapi saya lebih suka mesin standard, tinggal dirawat sebaik-baiknya.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  42. Firm berkata:

    maaf om numpang tanya kalo gigi primer sekunder nya verza berapa mata ya? kalo bisa subtitusi punya motor apa yg sama? makasi :)

  43. yadi berkata:

    Verza punya saya baru beli langsung di ajak ngebut di atas 80 km padahal baru 2 hari kilometrnya pun baru 60 an saja……
    Rusak gx yach verza saya

    Semoga tidak rusak, aman dan awet sepedamotor maupun mesinnya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  44. k_not berkata:

    numpang nanya, sy br pake verza150 kira2 2 minggu..
    waktu cek blok mesin bagian bawah dekat lubang oli
    terlihat seperti ada retak rambut, tp tdk ada yg rembes
    atau hny pencetakan blok mesin yg tidak rapih?
    mohon pencerahan,trmksh..

  45. cahyadip berkata:

    Jos ulasan mesin verza 150nya kang
    Salam dari nubie bandung
    http://cahyadip.wordpress.com

  46. zuliadi berkata:

    Untuk turing luar kota juga mantap jalan sedikit nggak mulus dilalap dan stabil sbb ban muka belakang cukup besar

  47. cahyadip berkata:

    Sip nuhun infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s