Belajar Setel Pelek

bengkelsepedamotor excel asia 00Beli sepedamotor bekas dan dirawat sendiri, beli suku cadangnya yang nyicil, maksudnya beli teromol dulu, ada rejeki beli jari-jari, beli pelek, beli bearing, ban….. masih nabung dulu.

Setelah terkumpul semua (minus ban luar & dalam) bengkelsepedamotor mulai merakitnya, dikerjakan sendiri juga biar irit.

bengkelsepedamotor excel asia 01Dimulai dengan memasang jari-jari bagian dalam sisi kiri dan sisi kanan, jari-jari untuk bagian dalam lebih pendek dibanding jari-jari bagian luar.

bengkelsepedamotor excel asia 02Kemudian lanjut jari-jari bagian luar, jari-jari bagian luar selain mempunyai dimensi lebih panjang juga memiliki kepala kait yang lebih lebar. Lanjut terus sampai semua 36 jari-jari terpasang. Kemudian lanjut mau pasang bearing roda baru bisa setel peleknya.

Teknik pemasangan jari-jari yang bengkelsepedamotor buat ini berbeda dengan yang umumnya dipasang oleh pabrikan maupun tukang setel pelek. Bedanya adalah; sisi luar jari-jari baik kiri maupun kanan menerima beban tarik saat motor bergerak dengan tenaga mesin, sedangkan saat pengereman yang menerima beban tarik adalah sisi dalam jari-jari, jadi seimbang kiri dan kanan, lebih jelas lihat gambar dibawah, untuk ilustrasi yang lebih jelas bengkelsepedamotor tutup sebagian dengan kain merah, arah putaran roda ditunjukkan dengan tang lancip :).

bengkelsepedamotor excel asia 05

bengkelsepedamotor excel asia 04Sisi kiri Tenaga bengkelsepedamotor excel asia 03Sisi kanan Rem

bengkelsepedamotor excel asia 06

Salam,
bengkelsepedamotor
bengkelsepedamotor_logo

Tentang bengkelsepedamotor

catatan kecil mekanik sepedamotor
Tulisan ini dipublikasikan di Service Sendiri (DIY), Servis Sepedamotor dan tag , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Belajar Setel Pelek

  1. ipanase berkata:

    wah pake koyo :D

  2. baridienbp berkata:

    ini yang susah..nyari tukang setel pelek yang oke

  3. archnine berkata:

    buat win 100 ya pak? :)

  4. ron berkata:

    lek dis

  5. rusmanjay berkata:

    mesti belajar sendiri nyetel velg jari-jari. nyari tukang setel velg yang bagus agak susah

  6. gc133hijrah berkata:

    Ane mau bikin velg megaprolama jd 17 inci, apakah bisa pk jari2 new megapro depan belakang….?

  7. DUINNN berkata:

    Pelek jari2 yang bagus gan. Lebih bagus dipasang di motor bebek saya gan, hehe. Penyuka velg jari2 tapi bukan alay.

  8. Adhitya Ramadian berkata:

    TK excel ukuran 2,50 dan 3,50 berapa ya? kuat ga? bisa dipasang ban tubeless?

  9. joko berkata:

    apa bedanya sistem pasang ruji sistem seperti caranya mas (tarik=ruji luar, rem=ruji dalam), dengan sistem pasang ruji yg biasa dipake dari pabrikan (tarik dan rem=ruji luar dalam selang-seling? mana yg lebih baik untuk penggunaan harian?

  10. pam berkata:

    saya pernah setel velg sepeda mtb bagian roda belakang.. kesulitannya jeruji kiri dan kanan kemiringannya berbeda.. karena sebelah kanan ada gear shimano tumpuk 8.. alhasil pasang sebisanya.. tapi hasilnya kurang maksimal.. terus dibetulin ke tukang stel velg yg asli.. saya malah diketawain.. he2

  11. nawirotom berkata:

    mantep juga hasil prakteknya
    Yang tertarik mobil/motor kenceng, boleh mulai melirik ethanol sebagai bahan bakar kompresi tinggi.
    ijin nitip lapak ane yang sederhana
    http://motogokil.wordpress.com/2013/03/15/mulai-memikirkan-ethanol-sebagai-bahan-bakar-mesin-motor-kita/

  12. batakol berkata:

    Wew, blognya mantapppppppppp
    Ijin bookmark dulu lah,

  13. tonyo ndiasmu berkata:

    suwe men om leh belajar setel pelek, nganti blog-e lali diupdate

  14. Lagi belajar setting ECU….
    Terimakasih buat perhatiannya.

  15. Goesti berkata:

    maaf mas oot. bisa gk knalpot honda verza diganti dengan knalpot yg ada dipasaran (modifikasi)?

    Bisa saja, namun setting FI belum tentu pas.
    Terimakasih

  16. Arian berkata:

    Wis pernah nyoba, ngepasin biar center itu yang sulit.
    harus jeli and tlaten kalo kata orang jawa

    http://iotomotifinfo.blogspot.com/2013/06/half-fairing-new-vixion-lightning-nvl.html

    Pakai SABAR Mas.
    Terimakasih ya sudah pernah mencoba, mekanik sepedamotor itu tidak gampang, bukan cuma buka & pasang baut, lho koq ini bautnya lebih 2 yah :D.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  17. Puput Trianto berkata:

    mas saya numpang tnya saya udah praktekin setel velgx,untuk keolenganxa sekitar 1 milimeter,(hampir lempeng) tapi knp masih sperti benjol,alhasil tidak berputar bulat melainkan oval? saran nya gimana mas.mohon di jawab

  18. Uciup bos'e oil speed berkata:

    Timbang nyeteli palek mbayar mending digowo neng bengkel oi speed ;>

  19. Muhammad aditiya berkata:

    Sebenarnya saya kurang mengerti apa yg anda jelaskan… Tentang stel ruji…

  20. Iwan berkata:

    Trim’s blog anda sangat berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s