Sepedamotor ada yang dilengkapi dengan filter oli setrifugal, cara kerjanya:
Oli yang masuk ke dalam filter ini sebelum selanjutnya dikirim melalui lubang/bagian tengah crankshaft yang kemudian melumasi setang seher (big end connecting rod) mendapat gaya setrifugal (lihat buku fisika) sehingga jika ada kotoran yang mempunyai massa lebih berat dari oli, kotoran tersebut akan terperangkap di dalam filter sentrifugal ini.
Untuk sepedamotor yang dilengkapi filter oli kertas atau model tabung dapat dengan mudah menggantinya, sedangkan filter oli sentrifugal ini letaknya didalam mesin, jadi harus membuka tutup mesin bagian sebelah kanan.
Setelah dibuka nampak Filter Oli setrifugal adalah lingkaran sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri adalah Kopling, keluarkan dahulu oli mesin sebelum membuka tutup mesin sebelah kanan ini.
Perhatikan ada 4 sekrup untuk membuka dan membersihkan filter oli sentrifugal ini, 2 sekrup telah berhasil dibuka oleh bengkelsepedamotor, namun dua buah lagi, dengan obeng philips #2 biasa tidak berhasil, selalu selip, bahkan salah satu sekrup ada bekas luka (diketok pahat ???), bagaimana yah ? coba tebak, bengkelsepedamotor akan buka menggunakan alat apa ?
^
^
^
^
^
^
^
OBENG KETOK !!!
^
^
^
^
^
^
^
Maaf jawaban itu salah, apalagi pakai pahat + palu, obeng ketok boleh dipakai kalau sekrup/baut yang mau dibuka ada pada bagian yang tetap seperti cover crankcase, kalau sekrup ini digetok sedangkan filter oli sentrifugal adalah bagian mesin yang berputar, dengan kecepatan putar yang cukup tinggi, pada model sepedamotor ini dapat mencapai 8.000 rpm, terpasang pada crankshaft dan duduk pada bearing, menggetok bagian ini bukanlah hal yang bijaksana, karena percuma crankshaft dibalans disini (artikel balans kruk as), kalau akhirnya digetok.
Cara yang dipakai bengkelsepedamotor
Alat :
- C – Clamp
- Philips #2 bit (mata obeng plus nomor 2)
- Kunci ring pas 1/4″ inch (sesuai ukuran mata obeng)
Cara :
- Pasang mata obeng pada sekrup yang hendak dibuka.
- Jepit dengan C-Clamp agar mata obeng tidak lepas/melejit keluar dari alur +
- Putar mata obeng berlawanan arah jarum jam (membuka) dengan kunci ring pas.
BERHASIL tanpa kekerasan…
Upload video menyusul, (malam ini ada Anniversary Celebration 14 tahun menikah dengan istri tersayang…)
Silahkan klik VIDEO atau jika sudah muncul ada dibawah ini (video pertama bengkelsepedamotor channel).
pulsar pake filter oli sentrifugal lho :p
Celebration_ne “ganti oli”…… 😀
mesin honda koq jarang yang punya filter oli yang mudah diganti
siiip.. . dapet pengetahuan baru …. :))
ini baru namanya pencerdasan otomotip 🙂
mantap, ternyata ada alatnya juga nice share om
SELAMAT BRO, BLOG anda berhasil meraih nominasi…untuk lebih detainya silahkan Klik:
http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=1033
Keren nih artikelnya.
Itu yang di gambar, motor apa bro?
mantap tips buka bautnya, bisa ditiru kapan-kapan. saya juga punya clamp mirip kayak gitu. bukan clamp c tapi clamp F . biasa tak pake untuk pasang plat kopling dengan pegas matahari
bertambah lagi pengetahuan tentang bedah membedah setelah baca artikel di blog ini.
traker… atau apalah namanya mas… ?
kayaknya ada isi postingan yang gak muncul tuh…
di ahass di ketok bang 😦
kalo filter sentrifugalnya di buka ada ngaruh ga buat mesin ?
Superb……. kereeeen… ane juga ngebengkel bro, tapi pemula. Dan terima kasih banyak info2nya gan. Ini pencerdasan namanya, bukan pembodohan ala capres….
saya baru baru ini ganti kanvas kopling honda win, emang tuh sekrup 4 itu dol, alhasil pake obeng gedor…
Mas, untuk pompa oli nya honda win, kapan hari baru dibongkar dibengkel, ada shaft nya yang hilang.
Di P.N . 15441-198-000 seperti pada gambar, apakah di lubang tengah itu ada semacam shaft ? Karena kalo saya lihat di katalog part book, “shaft” itu tidak ada gambar dan part number nya….
Mohon info detail mengenai “shaft” tsb ya?
Maturnuwun,,,
Punya aq mega pro jadul,tak buka filter oli sentrifugal kok gk ada filternya!!tp banyak gram2 yg nempel d dalem,mau ganti filter susah nyarinya,bisa d akal gk om. . . .!m’f newbee
plis d jawab