ACG starter

brushless

ACG singkatan Alternating Current Generator yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Lho, jadi keduanya dikombinasikan jadi ACG starter, lihat dulu teorinya ah…

Untuk menghasilkan listrik diperlukan 3 komponen dasar:

– Koil (kumparan, lilitan kawat). STATOR

– Magnet; baik yang permanen maupun elektromagnet (Alternator menggunakan elektromagnet). ROTOR

– Gerakan untuk merubah posisi medan magnet (memotong garis gaya magnet). MOTOR/MESIN

Untuk menghasilkan gerakkan juga membutuhkan komponen yang sama bedanya komponen terakhir diganti sumber listrik, jadi:

– Gerakan/putaran untuk menghasikan listrik yaitu Generator

– Listrik untuk menghasilkan gerakan/putaran yaitu motor listrik/starter

ACG starter mengkombinasikan keduanya jadi tidak perlu motor starter terpisah, berat sepedamotor jadi berkurang.

Ditemukan oleh Hiroshi Tanaka dan dipatenkan oleh HONDA Motor Co. Ltd.

Kombinasi AC Generator dengan Starter dapat diwujudkan dengan bantuan otak pintar komputer (ECU) kalau motor starter biasa diatur secara mekanis yaitu dengan menggunakan sikat (brush, areng starter) yang harus diganti berkala, sedangkan starter ini tidak lagi menggunakan sikat alias brushless motor seperti hardisk komputer.

ACG starter ECU

Untuk mengetahui posisi magnet ROTOR pada posisi kutub Utara atau Selatan, yang kemudian harus ditemukan dengan kutub elektromagnet Utara atau kutub elektromagnet Selatan STATOR supaya ROTOR berputar sesuai arah putaran mesin yang diinginkan maka digunakan sensor deteksi kutub magnet, yang kemudian diolah oleh ECU untuk memberikan tegangan yang tepat ke STATOR, ROTOR berputar, kemudian setelah mesin hidup ECU akan memutus tegangan listrik ke STATOR dan sekarang beralih fungsi dari starter menjadi Generator AC yang setelah melewati rectifier akan menjadi arus DC untuk mengisi baterai yang tadi digunakan listriknya untuk memutar ACG starter.

Keuntungan ACG starter:

– Motor starter yang tradisional bisa dilepas; sepedamotor jadi lebih ringan konsumsi bbm berkurang.

– Tidak menggunakan sikat (brushless); bebas perawatan.

– Menggunakan ECU gabung dengan Fuel Injection; memaksimalkan kemampuan otak komputer CPU yang sudah 32bit.

– TIDAK ada bunyi keras saat tombol starter ditekan, karena tidak ada komponen mekanis yang perlu bertautan.

– DAPAT dan memang digunakan untuk sistem yang menerapkan mematikan mesin saat sepedamotor idle/tidak bergerak.

Sekarang jadi tambah banyak komponen spedamotor yang diatur komputer; Pasokkan bahan bakar (FI), Pengapian, Antilock Brake System, Steering Damper, Sensor Kecepatan Sepedamotor dan yang paling baru bergabung ACG Starter.

Terimakasih HONDA.

salam, bengkelsepedamotor

Sumber Tulisan:

Wikipedia Brushless DC Motor

HONDA Technology

24 respons untuk ‘ACG starter

  1. Om..
    Saya sebelumnya memang punya niat utk membeli pulsar 180 ug iv tp saya sempat berpikir lg krn pulsar tdk punya kickstarter..
    Yg sy mau tanya,apa kt bs pasang kickstarter tambahan d pulsar tersebut?
    Thx..

    Maaf saya tidak tahu pasti bisa atau tidak, tetapi kalau boleh saran mending starter dan komponen pendukungnya dirawat dengan baik, jadi tidak pernah gagal kalau mau dipakai, tidak perlu kick starter lagi.
    salam bengkelsepedamotor

  2. starter generator yah om..

    🙂 starter jadi generator, generator jadi starter dengan bantuan komputer jadi terwujud.

  3. antara koil,kumparan,dengan lilitan bukannya arti sama saja mas Imam?

    Maaf saya edit masukkan dalam kurung, terimakasih Mas Giri.

    oh,iya. pertanyaan dari saya, yang memegang paten rem cakram itu siapa?

    Umur rem cakram sudah seratus tahun lebih… masa itu peraturan belum ribet seperti sekarang (batik saja ributnya baru sekarang 🙂 ) kalau menurut Mbah Wiki yang pertama membuat paten itu pun untuk model kalipernya yaitu Frederick William Lanchester, kalau sekarang macem-macen yang dipatenkan, ventilasinya, floatingnya, bentuknya, dll.
    Kalau mau rubah teromol ke cakram boleh koq, itu tidak melanggar hak paten siapa-siapa 😀

    terima kasih atas petunjuknya..

    salam,

    girifumi

    Terimakaseh kembali Mas Giri,
    salam bengkelsepedamotor

  4. Weh,,, wehh,, keren nehhh……… Oh ya ne mo download teori sepeda motor sekaligus gambar peraga dari masing-masing merk sepeda motor bisa ga yah,,,,,,, Oh ya saya pengen punya sepeda motor standart tapi larinya kencang… he2, gimana caranya yahh………. Makaciiih…….

  5. teman ane bilang pernah benahin motor bersistem seperti ini, malah dapat ongkos motor butut gitu.tapi kenapa ya baru ribut ribut sekarang.
    system semacam ini dah pernah mengganjal di otak saya dan alhambulillah sekarang dah terwujud tinggal cari duit.
    ya alloh berikanlah rizkimu mke semua penghuni blog ini khususnya saya agar bisa menikmati karuniamu dalam wujud teknologi agc starter.
    amin

  6. Nih masih rame apa gak ya..??? Bs pasang di Yamaha RXKING apa gak ya Om..??? Sy minat dgn technology nya ACG Starter ini.. Terima kasih

  7. Mas bisa p g lok starter acg dipasang pd matic honda yg sebelumnya…biar g bletak2 trus…

Silahkan berkomentar, Terimakasih