
Sempat agak tergangu karena mantan pacar saya kalau pulang naik motor ini mematikan mesin (terjadi tanpa niat karena memang saat standar samping diturunkan) didepan pagar, buka pagar kemudian starter lagi mesinnya untuk masuk kedalam dengan jarak kurang dari 5 meter pakai motor starter (tidak efisien).
Hal tersebut terjadi karena Honda BeAT dilengkapi dengan saklar pengaman standar samping, dengan maksud agar kalau berkendara tidak lupa menaikkan standar samping, jika tidak pada posisi naik maka mesin akan mati atau tidak dapat hidup.
Cari info tentang saklar standar samping akhirnya dapat Service Manual Honda Vario, langsung cari bagian diagram kabelnya, file dalam bentuk PDF dapat diunduh di SINI
Cara kerjanya adalah kabel Hijau-Strip Putih (G/W) yang masuk ke ICM (Ignition Control Module) harus terhubung dengan ground/negatif (Kabel Hijau) supaya mesin tetap hidup, posisi standar samping naik.
Kesimpulannya saya harus menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih ini dengan ground saat standar samping diturunkan oleh mantan pacar saya supaya mesin tetap hidup. Saya tidak mau fitur keselamatan ini 100% non aktif dengan menghubungkan kabel Hijau-Strip Putih langsung terus menerus ke ground, yang dikehendaki adalah fitur keselamatan standar samping hanya non aktif pada kondisi tertentu, turun sebentar membuka pagar, atau berhenti lainnya yang tidak perlu mematikan mesin dan menggunakan standar samping. Akhirnya saya putuskan untuk memanfaatkan fitur rem parkir Honda BeAT, yaitu rem belakang dapat dikunci (seperti rem tangan pada mobil), jadi sepedamotornya aman direm, standar samping turun, mesin tidak mati, dapat buka pagar, dan yang paling penting juga adalah fitur keselamatan standar samping tetap berfungsi, tetap mematikan mesin kalau standar samping turun dan sepedamotornya tidak direm.
Saat sepedamotor direm, saklar rem akan mengirim tegangan positif yang diteruskan melalui kabel warna Hijau-Strip Kuning (G/Y) untuk menyalakan lampu Rem Belakang. Untuk merubah sinyal rem tegangan positif menjadi sumber negatif seperti yang dibutuhkan ICM saya menggunakan relay.
Saat tuas rem belakang ditarik kemudian dikunci, lampu rem menyala, ada tegangan positif di kaki relay 85, relay akan bekerja dan menghubungkan kaki relay 30 dengan 87, maka ICM tetap mendapat Ground walaupun standar samping diturunkan, nah sekarang dipasang di sepedamotornya.
Untuk keamanan dan keselamatan lepas baterai; kutub negatif lebih dahulu (dan pasang baterai kutub negatif terakhir).
Buka jok bersama bagasi kecil, 4 baut ukuran kunci 12 dan tiga sekrup ukuran Philips #2
Buka juga penutup mesin depan (2 lagi sekrup Philips #2), periksa ulang warna kabelnya karena wiring diagram yang saya punya model VARIO, ternyata sama.
Cek lagi dibagian ujung yang masuk ke ICM, kabel warna Hijau-Strip Putih, OK sip cocok.
Ground, Lampu Rem, ICM
Ground, gabung bersama kabel ground yang lain di frame.
Untuk kabel ke lampu rem dan ICM semuanya hanya saya colok (setelah ujung kabelnya dikupas dan disolder agar kaku), kemudian disolasi dengan isolasi yang baik khusus kendaraan bermotor (Scotch 3M 33 Vinyl Plastic Electrical Tape) agar tidak lepas. Tidak ada bagian kabel asli yang dirubah.
Hasilnya adalah seperti gambar paling atas Honda BeAT dapat hidup mesinnya (Lampu Depan AC menyala) dengan posisi standar samping setelah rem belakang dikunci.
Selamat mencoba !!! salam, bengkelsepedamotor.
simple ya..makasih infonya///
pertamaxx
sayang g pny matic honda,hhe
tp tipsx bgus bro
eh bro, bs bnrin beat yg ini ga?
http://kaskuserz.com/forum/Honda-Beat-Kondisi-35
pertamaxx
tipsx bgus bro
eh bro, bs bnrin yg ini ga?
http://kaskuserz.com/forum/Honda-Beat-Kondisi-35
nice share gan, adek ane pake vario juga sperti itu kalau buka pagar
jadi nyebelin pake vario
menuju tkp 😀
WOW!!! ide yang hebat, dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
terima kasih info dan niat berbaginya, segera saya aplikasikan ke matic techno ku.
Bro Bengkel emang LUAR BIASA!!!
Salam Bro, from teman lama. K0meng.
Briliant..2 jempol dah
Untung kymco gak ada fitur skalar pengtaman standar samping :D.
Eniwei, tips mantabs, bro. Simpel dan murmer.
Kalo gak keberatan, boleh gw kupi-pes? Biar info-nya bisa dibaca yg lain …? (udah pasti akan ditulis sejelas-jelasnya sumber-nya, wong kupi-pes nya juga full … hehe)
maturnuwun, bro. salut dengan kreatifitasnya ! 🙂
Punten, Mas Imam, numpang ijin nambahin artikel oprek murmer.
moga2 bermanfaat buat yg motornya blm pake Parking Brake Lock ala Vario/Beat 🙂
http://tozzymodif.wordpress.com/2009/05/06/tips-n-trik-yuuuk-bikin-parking-brake-lock-ala-variobeat/
Kalo spt itu brarti switch standar samping scara tdk langsung di disable dong.. interlock nya kan saat distarter rem harus aktif dan standar samping harus naik maka mesin baru mau hidup, nah sementara pd saat mau starter kalo rem aktif (rem depan/belakang) maka relay tambahan tadi aktif jg dan meng-graound-kan kabel hijau strip putih td. jd tanpa menaikan standar samping motor tetap bs hidup (think safety…)
Mas, gimana kalo bikin matic bukan Honda, biar bisa punya fitur switch standar samping kyk gini?
Apa aja yang perlu diganti? Sukur2 coaching kliniknya, he he he.
Thanks & keep Up The Good Work, 🙂
Menarik sekali ini mas, sipp dah! 😀
Tapi saat rem di tarik2 terus misal pas dikendarai normal pengaruh gak ke relaynya, kan jadi mati-nyala terus? (lg smgat bljr kelistrikan motor :-D)
Hebat Nih….Keren tipsnya,
Coba Mampir ya Ke sini………..:D saya Tunggu Ya
Manteb! gw perlu banget nih…
Setiap hari, kalau berangkat bisa Skywave saya bisa 3 kali nyala – mati, karena buka pintu garasi dan buka pager, sambil manasin mesin. Sekarang ya standard tengah…
Maunya ada seperti saklar gitu untuk me non aktifkan si standard samping, apa mungkin ya?
weee, ada aja ide baru om bengkel
Bikinin dong yang gratis ada
wah beli skutik Y aja … gak perlu relay-relay-an … 😀
wah baru nemu nih warung…..ngga pa-pa kan telat…!!! yg mao saya tanya ada efeknya ngga kalo relay rusak/mati…? terima kasih mas bro….
Honda memang selalu dapat memberikan trobosan-trobosan yang bisa konsumen nyaman dengan kendaraan hondanya!untuk infonya yang jenius thnks bgt y….
lah, bukannya standar samping otomatis dibuat demi keselamatan pengendara. klo cuma sekedar buka pager ya begitu motor mati tinggal didorong aja toh. ga jauh ini. hmmmmm……..
Izin Copy-paste dengan tetap mencantumkan sumber.
http://www.beatcom.info/tips-dan-trik/diy–modifikasistandarsampingbeat
Semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua.
Mas ada tip’s gk cara bikin lampu hazard dengan meggunakan fungsi tombol starter di honda beat.. kan kl motor ini sedang berjalan, tombol kita tekan seakan-akan gk berfungsi. kecuali jika kita akan menstarter awal + menekan tuas rem (kiri/kanan).. baru mesin mau menyala..
Nah maksud saya ini, daripada kita nambah2 switch tambahan dimotor2 kita. mending kita pergunakan tombol itu dengan menambah flasher relay aj. karna flash relay yg ada supaya awet.. ada skemanya gk ya ???
hebat gan
sumpah, tips yg agan kasih bagus bgt, terimakasih mas brow
wah great…tp ada pengaruh k relaynya g om???
Terimakasih,
Saya sudah coba relay generasi pertama sudah lebih dari 1 tahun tidak ada masalah, sekarang coba generasi ketiga, akan saya buat banyak dengan garansi 5 tahun.
Assalamu’alaikum
Terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat. Setelah saya coba,Alhamdulillah sukses.
saya mohon ijin, tips ini saya posting d kaskus ( http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10872604 ) semoga bisa bermanfaat untuk pengendara setia honda beAT yang lain.
kalau memang tidak di ijinkan postingan tersebut akan segera saya lock. Terimakasih
Wasalamu’alaikum
ide brellliant gan…mw coba ke vario cbs lah
matur nuwun juragan….
gan alat dan bahan yg di perlukan apa aja yaa ?
Mantab bener nih share tentang pengaman yang berguna bagi para biker.
Mas klo boleh tau.. Cara memeodifikasi motor standar biasa,tp k’liat’annya :)ßαğoº°˚˚°º°˚˚°ºєs gy2 gy mna..?? N ªª’a aja Ɣªήğ hrus ∂ΐ ubah..
Trmkish
bang.. kalo pake transistor buat nggantiin relay bisa nggak?& kalo bisa rangkaiannya gmana? trima kasih bang
NICE INFO!
sumpah ini tips keren banget, saya aja lagi cari cara buat vario tecno saya supaya gak mati kalo turunin standar samping buat buka pager rumah, (selama ini pake standar 2 terus). cuman karena saya bukan tukang bengkel, gak ngerti pasangnya, adakah tempat / bengkel yang bisa bantu? terima kasih.
tipz yg sng bgs gan.
Oia, sy kn gk bs nge instal sndri. Low di dealer resmi bs gk y?
mas klo lokasi icm untuk motor vario dimana ya? di tunggu mas Terimakasih
mas, gmana cara bkin relaynya?
berarti yang dimodif cuman groundx doank?
masi bingung cara modifx gan.,,
rumah ane bukan di jakarta, klo ada videox mungkin gan,hehe…
cerdas sekali… kreatif
saya malah pengen masang sensor ini di motor laen…
Caranya bagaimana ya?
hatur nuhun,,stelah dicoba sndri bs jg gan .
trus brkarya n sukses slalu .
kalou gk pakae relay pengaroh gak bos ke CDI/AKI..
Mohon dijwb ya bos…hehe
salam kenal..ternyata pemikiran anda sama persis dengan saya…2008 saya punya Vario dan saya modif seperti honda beat anda. tapi gak sempat posting di inet… dan waktu itu juga otak atik sendiri…
gan ada g video ny d youtube gtu coz ane pgen nyoba tp dah d bongkar2 bodi malah mumet 😀
Tetep ajha boss bisa hidup meski standar samping di turunin jg, , kalo starter ny pke rem blakang mh
Bagus idenya,kreatif
gan, ini relay yang biasa dipake untuk apa, yang bisa di pasang disini?
Gan kabel yg warna hijau strip putih tu kabel apanya yaa..??
kan kabel hijau graondnya gan, trz yg hijau strip putih kabel apa gan..??
terima kasih
Ada itu diatas, kabel yang masuk ke ICM, dari sensor sstandar samping.
Relay yg di gunakan relay apa gan? Soalnya gak tau relay yg mana
msh bingung. tlg infokan ke email (ridzal.muhammad@gmail.com) sy dong. tks bngt.
hanya gara gara mau buka pagar aja sampai ribet modif standar samping…lol.
kenapa ga buka pagar lalu tutup lagi dan hidupin dah motornya ga repot….
saklar di standar samping aja dilepas. yg bikin gk enak juga waktu starter, knp hrs pencet tuas rem segala ? gmn cara me modifnya nih. ada yg punya solusinya ? (beat fi)
di gambar relay itu ground no 86 & 30 harus dua” nya terhubung langsung ke body om ??
terus kabel ke icm sama kabel rem itu beda soket kan ?
ga di satu soket warna coklat itu ?
mohon bimbingan nya om
motor saya beat fi
Cakep idenya, rubahan tnpa mnghilngkan fungsi utama ig ttp aman krn tuas rem tetep ngunci… lmyn jg bs memperpanjang umur aki n motor stater, krn ga bentar2 starter hanta itk wktu yg bntaran doang… i lije this
good idea,
mo nanya mas, ni klo diaplikasikan di motor injeksi kaya vario 125 pengaruh gak ke ECUnya?